Caleg modal cekak, gunakan strategi ini

Biaya Nyaleg mahal dan milyaran? bisa ya bisa tidak. di jaman now kekinian selalu ada jalan untuk berhemat, termasuk dalam biaya politik bagi anda yang mau magang menjadi bakal calon legislatif dan berharap atau bisa lolos !
Para calon anggota legislatif, atau mereka yang mencalonkan diri sebagai pimpinan daerah dalam pilkada maupun pemilu; baik balon pubati, balon walikota, balon gubernur dan wakilnya seringkali kesulitan mendahulukan alat peraga atau materi kampanye dan branding buat mereka atau pasangan mereka. Deretan kebutuhan akan pentingnya alat peraga begitu banyak, mulai dari stiker, banner, spanduk, baliho, billboard, umbul-umbul dan sebagainya.

Kami membuat artikel ini berdasarkan pengalaman lebih dari 3 kali masa pemilu dan menjadi pengurus ataupun tim sukses beberapa orang. Kami sarankan anda BERANI maju menjadi Bacaleg dengan catatan kondisi sebagai berikut :

  1. Telah aktif sebagai pengurus partai politik atau ormas minimal pada level Kecamatan sekurang-kurangnya 3 tahun.
  2. Memenuhi syarat administrasi dan lolos verifikasi KPUD sebagai caleg

Nah, setelah itu biasanya para calon anggota legeslatif dan yang maju dalam pilkada atau pemilu harus bisa memilah dan memilih kebutuhan alat kampanye atau alat peraga kampanye yang efektif dan efisien. tetapi secara garis besar alat peraga kampanye dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :

1. Alat peraga kampanye cetak

  • spanduk, bendera, banner, baliho, billboard, stiker, kalender, poster, leaflet, berita koran, seragam kampanye, majalah dan sejenisya

2. Alat peraga kampanye Non Cetak

  • Audio – Video : radio, televisi, recording, sms flash dan sejenisnya
  • Internet web atau blog
Dari pilihan-pilihan diatas yang manakah yang paling efektif dan efisien untuk bisa merebut perhatian dan simpati calon pemilih dalam pilkada serentak maupun pemilu? dari pengalaman kami mendampingi klien, kami rekomendasikan urutan alat peraga kampanye sesuai dengan efisiensi dan efektifitas sasarannya.
Jika anda adalah calon yang memiliki dana terbatas dan merasa belum cukup puas dengan anggaran KPUD yang membantu pencetakan alat peraga kampanye, namun tetap ingin berhemat, maka akan sangat efektif dan efisien jika anda ;
  • mencetak kalender, kalender tahunan dengan isi 1 – 3 lembar ukuran minimal A3 (33 x 42 cm), jika anda berada pada Dapil dengan jumlah pemilih 100.000 – 500.000 maka mencetak 10.000 lembar cukup membantu atau 10-15% dari total jumlah pemilih (Biaya 10 juta rupiah)
  • membuat web atau blog pribadi : alat peraga non cetak ini akan melengkapi alat peraga cetak lainnya. web atau blog pribadi sangat efisien dari sisi biaya, mudah diedit, mudah dishare dan bagikan dan saat ini para pemilih pemula (mereka yang lahir tahun 1980, 1990 dan tahun 2000) akan memilih gadget untuk mencari informasi dengan bertanya pada Google. (Biaya 10 juta rupiah)
  • Paling efektif jika ditambah dengan pertemuan dan tatap muka dengan para calon pemilih atau konstituen. Selain anda bisa merasakan langsung keinginan, keluhan dan harapan, cara ini sangat menyentuh sisi emosional calon pemilih.
Tiga cara berkampanye seperti diatas dari pengalaman kami sangat efektif. Namun demikian jika anda dalam kasus pemilihan Walikota, Bupati atau Gubernur maka alat peraga kampanye seperti Billboard dan Baliho masih sangat diperlukan, tinggal anda sesuaikan dengan budget untuk jumlah titik atau lokasi pemasangannya. Namun untuk anda yang maju sebagai bacaleg dan tidak memiliki banyak dana atau ingin kampanye berhemat. ketiga cara diatas bisa dilakukan.
So, seorang caleg tidaklah harus habis modal besar milyaran atau puluhan milyar dan mencari hutang atau pinjaman kemana-mana. semua tergantung kepada anda, mau menerapkan strategi seperti apa? mau jor-joran dana atau percaya diri dengan apa yang sudah dan sedang anda lakukan. Menurut kami dengan modal 20 juta Anda bisa berkampanye dengan efektif dan efisien dan bisa lolos jadi anggota legislatif.
Silahkan menghubungi kami untuk presentasi dan konsultasi lebih lanjut; 085211187770. Tim tenaga ahli kami berasal dari berbagai disiplin ilmu : desain grafis, psikologi dan komunikasi massa, programming dan IT, aktifis ormas dan politik.
Untuk anda yang tetap merasa butuh modal dan punya sertifikat rumah atau ruko (SHM-SHGB), klik disini untuk AJUKAN PINJAMAN MILYARAN !

3 pemikiran pada “Caleg modal cekak, gunakan strategi ini

Tinggalkan komentar